Banjarmasin – Bandung

Fri, 09 Jul 2010 at 19:16 Leave a comment


Bandung

Di tahun 2009, tercatat rata-rata 3.000 penumpang yang berangkat / datang di Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin. Dari jumlah tersebut, penumpang ke / dari Jakarta yang paling banyak…. bisa mencapai 1.200 – 1.500 orang per hari!

Sementara di tahun 2010 sudah ada beberapa Airlines yang akan menambah frekuensi penerbangan Jet dari / ke Banjarmasin, diantaranya Batavia Air, Citilink, Sriwijaya Air.

Di sisi lain, mobilitas transportasi dari Bandung ke Bandara Sukarno-Hatta luar biasa banyak. Dari mulai bis Primajasa yang melayani trayek BSM-BSH, Travel Cipaganti, X-Trans, juga moda transportasi KA Bandung-Gambir yang disambung dengan Bus DAMRI Gambir-Cengkareng… Per-hari perjalanan penumpang dari Bandung yang menyebar ke Sumatera, Kalimantan, Sulawesi melalui Bandara Soekarno Hatta jakarta bisa mencapai ratusan orang.

Sampai dengan saat ini belum ada operator penerbangan / Airlines yang melirik potensi rute Banjarmasin – Bandung pp. Dan ini merupakan peluang bagi Airlines yang mencari market niche untuk rute potensial bagi pesawat jet.

Dengan panjang landasan Bandara Syamsudin Noor 2.500 meter dan Bandara Husein sastranegara 2.244 meter, tidak ada halangan yang berarti bagi Airlines untuk menerbangi Banjarmasin-Bandung pp, selain obstacle pegunungan di daerah Bandung.

Untuk diketahui, Airlines yang sudah beroperasi di Bandung adalah : Merpati Nusantara Airlines (Batam, Surabaya), Sriwijaya Air (Surabaya), Air Asia (Kuala Lumpur, Singapore, Denpasar, Medan), Wings Air (Jogjakarta).

Melihat potensi Kota Bandung sebagai daerah tujuan wisata belanja dan kuliner dan MICE, juga terdapat segmen pelajar, dan bisnis, juga melihat demografi masyarakat Kota Bandung yang sangat heterogen, segmen mudik juga cukup besar.

Khusus untuk besaran pasar Banjarmasin-Bandung; dari kacamata statistik, maka proyeksi market niche 10% dari volume penumpang Banjarmasin-Jakarta yang mencapai 1.500 penumpang per-hari, sangatlah masuk akal.

memang dibutuhkan strategi khusus bagi Airlines untuk “babat alas” menerbangi Banjarmasin – Bandung pp, yaitu:

– Schedule prefer sore hari (antara jam 15.00 – 18.00 WITA).

– Tarif sub-classes, dengan harga terendah Rp 400 ribuan pax paid.

– Channel distribution di Kalsel mencakup wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, Hulu Sungai, Tabalong, Pelaihari, Batulicin, Kotabaru, juga Kapuas dan palangkaraya di Kalteng.

So, do not hesitate to fly direct from Banjarmasin to Bandung….. if there’s direct flight, why bother to go to Jakarta..

Entry filed under: Aviation Business. Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Aviation Business (Commuter) Opportunities Tips Memilih Travel Agents

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Author’s Profile

Archives

Merpati Nusantara Airlines

%d bloggers like this: